Proses Bisnis Kedai Kopi Fiktif
Functional are of operation |
Marketing and Sales |
Supply Chain Management |
Accounting and Finance |
Human Resources |
Business
functions |
Membuat
Marketing dengan kreatif dan penuh pertimbangan, contohnya seperti mengikuti
tren saat ini sebagai branding |
Membeli
peralatan untuk kedai kopi seperti Meja, Kursi, Kulkas, Mesin espresso
otomatis atau manual, Cangkir espresso/kopi, Steam pitcher, Asbag rokok(untuk
diluar ruangan), Lampu kuning agar terlihat menarik, AC. |
Membuat
akuntansi keungan pembayaran dari customer dan memperkirakan pemasokan |
Perekrutan
pegawai untuk pria/wanita umur 18 Tahun keatas |
Membuat
Program pencicipan gratis pada saat kedai dibuka untuk pertama kalinya
(siang-sore hari) |
Membeli
bahan baku seperti Air, Biji Kopi berkualitas yang sudah digiling fine(serbuk
kopi), Bahan pelengkap seperti susu, cokelat, krimer. |
Melakukan
Cost Allocation dengan Metode Langsung, metode ini tidak mempertimbangkan
hubungan timbal balik jasa yang diberikan diantara departemen jasa yang lain |
Melakukan
pelatihan bagi pegawai baru |
|
Memberikan
pelayanan yang ramah dan ceria agar customer betah untuk mengunjunginya lagi |
Menemukan
dan bekerja sama dengan petani kopi untuk mengurangi biaya produksi |
Memperkirakan
rencana dan analisa modal awal dengan profit setiap hari |
Memberikan
gaji per bulan untuk pegawai (Rp.1,000,000.00 – Rp.3,200,000.00) |
|
Membuat
program customer support seperti kotak puas&ridak puas pelanggan dan
tentu saja bisa menulis saran&kritik |
Memperkirakan
biaya transportasi untuk pengiriman interior kedai kopi, bahan baku dan
logistik |
Menggunakan
sistem pembayaran yang simpel, seperti menggunakan ovo,gopay,dana |
Mengatur
peran pegawai sesuai dengan keahliannya yang sudah seperti di HRD seperti di
bidang pembuatan kopi, kasir |
|
Memperkirakan
produk kopi dengan harga yang terjangkau tetapi tidak merugikan kedai juga |
Menjadwalkan
pembukaan kedai kopi dengan jam yang efisien seperti jam 13.30 - 22.00 |
Mematuhi
peraturan pemerintah seperti, mematuhi protokol kesehatan(saat pandemic
covid-19), kebersihan kedai kopi, kesehatan pegawai, jam kerja pegawai(shift
sore/malam), pajak, memberikan gaji kepada pegawai |
||
Memperiklankan
produk kopi dengan kreatif dan menarik dalam bentuk padat(brosur/flyer)
ataupun virtual(iklan di sosial media). Contohnya saja seperti menambahkan
maskot untuk kedai kopi tersebut |
Menjadwalkan
maintance/perbaikan pada interior kedai kopi, dan alat-alat kopi |
Komentar
Posting Komentar