Proses Bisnis Kedai Kopi Fiktif

 

Functional are of operation

Marketing and Sales

Supply Chain Management

Accounting and Finance

Human Resources

Business functions

Membuat Marketing dengan kreatif dan penuh pertimbangan, contohnya seperti mengikuti tren saat ini sebagai branding

Membeli peralatan untuk kedai kopi seperti Meja, Kursi, Kulkas, Mesin espresso otomatis atau manual, Cangkir espresso/kopi, Steam pitcher, Asbag rokok(untuk diluar ruangan), Lampu kuning agar terlihat menarik, AC.

Membuat akuntansi keungan pembayaran dari customer dan memperkirakan pemasokan

Perekrutan pegawai untuk pria/wanita umur 18 Tahun keatas

Membuat Program pencicipan gratis pada saat kedai dibuka untuk pertama kalinya (siang-sore hari)

Membeli bahan baku seperti Air, Biji Kopi berkualitas yang sudah digiling fine(serbuk kopi), Bahan pelengkap seperti susu, cokelat, krimer.

Melakukan Cost Allocation dengan Metode Langsung, metode ini tidak mempertimbangkan hubungan timbal balik jasa yang diberikan diantara departemen jasa yang lain

Melakukan pelatihan bagi pegawai baru

Memberikan pelayanan yang ramah dan ceria agar customer betah untuk mengunjunginya lagi

Menemukan dan bekerja sama dengan petani kopi untuk mengurangi biaya produksi

Memperkirakan rencana dan analisa modal awal dengan profit setiap hari

Memberikan gaji per bulan untuk pegawai (Rp.1,000,000.00 – Rp.3,200,000.00)

Membuat program customer support seperti kotak puas&ridak puas pelanggan dan tentu saja bisa menulis saran&kritik

Memperkirakan biaya transportasi untuk pengiriman interior kedai kopi, bahan baku dan logistik

Menggunakan sistem pembayaran yang simpel, seperti menggunakan ovo,gopay,dana

Mengatur peran pegawai sesuai dengan keahliannya yang sudah seperti di HRD seperti di bidang pembuatan kopi, kasir

Memperkirakan produk kopi dengan harga yang terjangkau tetapi tidak merugikan kedai juga

Menjadwalkan pembukaan kedai kopi dengan jam yang efisien seperti jam 13.30 - 22.00

Mematuhi peraturan pemerintah seperti, mematuhi protokol kesehatan(saat pandemic covid-19), kebersihan kedai kopi, kesehatan pegawai, jam kerja pegawai(shift sore/malam), pajak, memberikan gaji kepada pegawai

Memperiklankan produk kopi dengan kreatif dan menarik dalam bentuk padat(brosur/flyer) ataupun virtual(iklan di sosial media). Contohnya saja seperti menambahkan maskot untuk kedai kopi tersebut

Menjadwalkan maintance/perbaikan pada interior kedai kopi, dan alat-alat kopi

Komentar

Postingan Populer