Keilmuan Teknologi Informasi

Keilmuan Teknologi Informasi    

    Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

    Maka, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer/pemindahan informasi antar media.


Sejarah rumpun ilmu Komputer/Informatika

1. Sistem komputer(Computer Engineering (CE)) : 

    Teknik Komputer berfokus pada arsitektur dan perangkat keras komputer serta sistem infrastruktur dengan sebahagian lainnya berfokus pada pengembangan teknologi dan rekayasa perangkat lunak serta teknologi aplikasi sebagai bagian dari pengembangan sistem komputer dan/atau sistem berbasis komputer.

2. Ilmu komputer (Computer Science (CS)) :

    Ilmu Komputer berfokus pada sistem infrastruktur, rekayasa perangkat lunak dan teknologi aplikasi. Sementara fokus pengembangan keilmuan bersifat teoritis yang seluruhnya mencakup teori, prinsip-prinsip dan inovasi.

3. Teknologi Informasi (Information Technology (IT)) :

    Domain keilmuan Teknologi Informasi berfokus pada sistem informasi dan manajemen organisasi, teknologi aplikasi, rekayasa perangkat lunak dengan sebahagian kecil berfokus pada sistem infrastruktur. Sementara itu fokus pengembangannya seluruhnya bersifat aplikatif yang seluruhnya mencakup pengambangan aplikasi, implementasi dan konfigurasi.

4. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering (SE)) :

    Domain keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak hampir sama dengan keilmuan ilmu komputer yaitu berfokus pada sistem infrastruktur, rekayasa perangkat lunak dan teknologi aplikasi. Namun, fokus pengembangan keilmuannya bersifat lebih cenderung bersifat aplikatif daripada teoritis.

5. Sistem informasi (Information Systems (SI)) :

    Sistem Informasi berfokus pada pada sistem informasi dan manajemen organisasi, dan teknologi aplikasi dengan sebahagian kecil berfokus pada rekayasa perangkat lunak. Sementara itu, fokus pengembangan keilmuan bersifat lebih cenderung bersifat aplikatif daripada teoritis.


Ciri-ciri dari Sistem Informasi 


1. Baru : 

    Informasi yang didapat adalah baru dan masih segar bagi para penerima informasi nya.


2. Tambahan : 

    Informasi dapat di perbaharui dan dapat di tambahkan terhadap informasi sebelumnya telah hadir terlebih dulu. 


3. Kolektif : 

    Informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang sebelunya salah. 


4. Penegas : 

    Informasi yang dapat mempertegas  informasi yang sebelunya telah ada.

Komentar

Postingan Populer